12 BAHAYA AKIBAT DOSA RIBA

12 BAHAYA AKIBAT DOSA RIBA

10/06/2017 Uncategorized 8

Berikut ini adalah 12 Bahaya Riba yang Harus kita Ketahui :

1. Hilangnya Keberkahan pada Harta Riba

Allah SWT berfirman:

يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ

Allah memusnahkan Riba dan menyuburkan sedekah.” (QS. Al-Baqarah: 276)

Berapapun banyaknya harta hasil Riba yang kita miliki, Allah akan memusnahkannya, sudah banyak contohnya.

 

2.Dibangkitkan di Hari Kiamat dalam Keadaan Gila

Orang yang berinteraksi dengan riba akan dibangkitkan oleh Allah pada hari kiamat kelak dalam keadaan seperti orang gila.

Allah ta’ala berfirman:

  الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 275)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas,”Maksudnya, tidaklah mereka berdiri (dibangkitkan) dari kubur mereka pada hari kiamat kecuali seperti berdirinya orang yang kerasukan dan dikuasai setan.” (Tafsir Ibnu Katsir, 1/708)

 

3. Disiksa dengan Berenang di Sungai Darah dan Mulutnya Dilempari Bebatuan

Orang yang berinteraksi dengan riba akan disiksa oleh Allah dengan berenang di sungai darah dan mulutnya dilempari dengan bebatuan sehingga ia tidak mampu untuk keluar dari sungai tersebut.

Diriwayatkan dari Samuroh bin Jundub radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda menceritakan tentang siksaan Allah kepada para pemakan riba, bahwa “Ia akan berenang di sungai darah, sedangkan di tepi sungai ada seseorang (malaikat) yang di hadapannya terdapat bebatuan, setiap kali orang yang berenang dalam sungai darah hendak keluar darinya, lelaki yang berada di pinggir sungai tersebut segera melemparkan bebatuan ke dalam mulut orang tersebut, sehingga ia terdorong kembali ke tengah sungai, dan demikian itu seterusnya.”. (HR. Bukhari II/734 nomor 1979)

 

4.Allah Tidak Akan Menerima Sedekah, Infaq dan Zakat yang Dikeluarkan dari Harta Riba

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

 أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا

Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu maha baik dan tidak akan menerima sesuatu kecuali yang baik.” (HR. Muslim II/703 nomor 1015, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu).

 

5.Tidak Akan Didengarkan dan Dikabulkan doanya Bagi Pemakan Riba

Di dalam hadits yang shohih, Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menceritakan :

 ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِىَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ

Bahwa ada seseorang yang melakukan safar (bepergian jauh), kemudian menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berdo’a, “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku!” Akan tetapi makanan dan minumannya berasal dari yang haram, pakaiannya haram dan dikenyangkan oleh barang yang haram. Maka bagaimana mungkin do’anya akan dikabulkan (oleh Allah)?”. (HR. Muslim II/703 no. 1015).

 

6.Memakan Harta Riba Menyebabkan Hati Menjadi Keras dan Berkarat

Allah ta’ala berfirman:

كَلا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Sekali-kali tidak (demikian), Sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.” (QS. Al-Muthaffifin: 14)

Diriwayatkan dari An-Nu’man bin Basyir radhiyallahu anhu, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

  أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ketahuilah di dalam jasad terdapat sepotong daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh badan. Namun jika ia rusak, maka rusaklah seluruh badan. Ketahuilah sepotong daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari 1/28 no. 52, dan Muslim III/1219 no.1599)

 

7.Badan yang Tumbuh dari Harta Riba akan Berhak Disentuh Api Neraka

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Ka’ab bin ‘Ujroh radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ إِنَّهُ لاَ يَرْبُو لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ إِلاَّ كَانَتِ النَّارُ أَوْلَى بِهِ

Wahai Ka’ab bin ‘Ujroh, sesungguhnya daging badan yang tumbuh berkembang dari sesuatu yang haram, akan berhak dibakar dalam api neraka.” (HR. At-Tirmidzi II/512 no.614. dan dinyatakan Shohih Lighoirihi oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih At-Targhib wa At-Tarhib II/150 no.1729).

Dikarenakan harta riba itu haram, maka pemakan harta riba terkena ancaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada hadits Ka’ab bin ‘Ujroh tersebut.

 

8.Allah dan Rasul-Nya Melaknat Orang yang Berinteraksi dengan Riba

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

 عَنْ جَابِرٍ قَالَ : لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

Dari Jabir radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat pemakan riba, pemberi makan riba, dua saksinya dan penulisnya.” Dan Beliau bersabda, “Mereka semua sama (kedudukannya dalam hal dosa). (Diriwayatkan oleh Muslim III/1219 no. 1598).

 

9.Memakan Riba Lebih Buruk Dosanya daripada Perbuatan Zina

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

 دِرْهَمُ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةِ وَثَلاَثِيْنَ زَنْيَةً

Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui bahwa yang didalamnya adalah hasil riba, dosanya itu lebih besar daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih mengatakan bahwa hadits ini shahih).

 

10.Paling Ringannya Dosa Memakan Riba itu Seperti Dosa Seseorang yang Menzinai Ibu Kandungnya Sendiri

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

 الرِبَا ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ بَابًا أيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرُّجُلُ أُمَّهُ وَإِنْ أَرْبَى الرِّبَا عِرْضُ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ

Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa Hadits ini shahih dilihat dari jalur lainnya).

 

11.Siap Mendapat Azab Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا ظَهَرَ الزِّناَ وَالرِّبَا فِي قَرْيَةٍ فَقَدْ أَحَلُّوْا بِأَنْفُسِهِمْ عَذَابَ الله

Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah.” (HR. Al Hakim. Beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi)

 

12.Kekal Abadi didalam Neraka

Allah ta’ala berfirman:

فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَىٰ فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَمَنْ عَادَ فَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS. al-Baqarah : 275)

Sungguh mengerikan ancaman Allah dan Rasul Nya kepada siapa saja yang masih melakukan praktek Riba. Sekarang kembali kepada diri kita masing-masing, Berani Melawan Allah dan Rasul Nya ?

8 Responses

  1. Isti says:

    Ya allah, bagaimana caranya membayar hutang riba ini, pengin mengakhiri, padahal saya bekerja, tapi uang selalu kurang

    • admin says:

      Memohonlah kepada Allah untuk memudahkan solusi atas segala permasalahan kita. 1. Betaubat sebenar2nya kepada Allah atas segala dosa2 kita, termasuk dosa kita pernah berhutang riba. 2. Lebih dekat dengan Allah dan tingkatkan kualitas Ibadah kita krn Semua Rezeki datangnya dari Allah bkn dari Boss2 kerjaaan kita ( jadi jangan 2 kan Allah ) Jika Allah memanggil untuk sholat segera Tunaikan jangan tunda2 dengan alasan apapun termasuk sibuk di pekerjaan. 3. Yakin pasti ada jalan keluar karena Allah Maha Kaya dan Mengayakan 4. Paksa Cari penghasilan tambahan dengan cara2 yang di ridhoi Allah misal dengan berniaga, dan berniaga yang bisa cepat menghasilkan uang adalah dengan menjual property yang syar’i, silahkan cari2 di internet. atau bisa juga gabung dengan kami di http://www.saungproperty.com 5. Paksakan diri untuk tidak pernah berhutang lagi, semendesak aapapun. 6. perbanyak sedekah . Insyaa Allah jika benar2 dilakukan…maka Allah kan membantu membereskan permasalahan anda. Semoga bermanfaat.

  2. siti says:

    suami saya pinjam uang 3 jt ke orang, buat modal usaha . trus kalo dpat untung hasilnya di bagi 2 dengan orang itu. tapi blum termasuk nyicil hutang . jdi orang itu dpat bagian dari untung usaha dan juga dapat bayar hutang dri suami saya . apakah termasuk riba??..

    • admin says:

      tergantung akadnya. Jika akad awalnya yg 3jt itu adalah Hutang piutang maka kelebihannya meskipun namanya bagi untung maka itu riba. namun Jika di awal akadnya adalah bentuk syirkah/kerjasama. suami ibu yg usaha temannya modal uang dan diperjanjikan akan ada bagi hasil sekian2. dan Modal tsb diperjanjikan juga ttp milik pemodal/atau milik berdua. maka itu tidak mengapa. wallahu’alam. dan akad2 syirkah ini ada syarat2 dan rukun nya. maka lebih selamat jika sebelum memulai usaha untuk mempelajari Fikih Muamalah. agar tidak terjerumus ke dalam Riba dan Dosa Besar lainnya akibat kebodohan kita yang enggan menuntut ilmu agama.

  3. alvin says:

    ASALAMUALAIKUM WR.WB

    Salam silaturahmi , maksud dan tujuan menulis pengalaman hidup ini semoga dapat membantu dan mejadikan motivasi bagi yang membaca, agar dalam menjalani hidup lebih iklas dan tawakal
    apalagi yang dirundung permasalahan atau cobaan dapat mempunyai semangat juang serta usaha dan kerja keras dalam menghadapi nya .AMINN
    Singkat cerita pada tahun 2000 sampai 2010 saya bisa di katakan orang terpandang yang mempunyai kedudukan selalu di hargai orang dan sukses dalam segi usaha dan ekonomi
    hari2 yang saya jalani terasa indah dan tentram terasa seperti tiada hambatan dalam menjalani hidup . apapun yang saya ingin kan terpenuhi bahkan dulu saya memiliki
    rumah dengan nilai milyaran dan mobil sport bahkan dengan keadaan dan situasi itu saya mampu melakukan apapun ,tapi saya lupa akan semua ini bahwa apa yang ada di dunia
    ini semua hanya titipan karena ketika kematian datang dan ajal menjemput dan tiba di dunia akhirat tiada 1 pun yang bisa membantu apa lagi harta kecuali amal dan dan ibadah serta perbuatan kita yg baik .
    Cobaan pun datang di awal 2011 semua nya seperti mimpi , sangat mudah nya allah membalikkan keadaan kepada diri saya usaha yang saya perjuangkan selama ini tiba2 di rundung permasalahan hingga mendekati kebangkrutan
    di tambah banyak hutang yang harus saya bayar akibat kerugian usaha yg saya alami . akhir nya untuk menyelsaikan itu semua saya harus menjual semua aset yang saya miliki sampai hanya tersisa rumah yg saya tempati sekarang.
    astafirullahalzim, di dalam fikiran saya mngkin ini teguran dari allah atas semua perbuatan yang telah saya lakukan lupa akan semua harta yg di dunia ini hanya titipan,lupa akan setiap harta yg di miliki ada hak2 orang lain,lupa akan maha pencipta.
    seiring berjalan semua nya tetap saya jalani meskipun berat dan beban bagi saya dan keluarga untuk menjalani ini semua bahkan untuk mencukupi kebutuhan sehari pun saya
    dan keluarga pada saat itu susah, bahkan semua keluarga dan sahabat ketika tau posisi saya tahu pada saat itu bukan nya membantu malahan menjauh bahkan mencibir saya .

    7 tahun sudah beralalu saat ini alhamdulillah saya sudah mampu bangkit lagi memulai usaha dari nol dengan hasil yang kecil sampai besar semua nya saya syukuri yang penting berkah , semua kesalahan yang saya lakukan di masa lalu
    saya jadikan pelajaran yang sangat beharga agar kedepan saya dapat menjadi yang lebih baik selalu di jalan allah swt dan selalu ingat akan maha pencipta .
    karena yakin la setiap perbuatan dan tingkah laku yang kita buat di dunia ini BAIK dan BURUK pasti akan mendapatkan balasan nya .
    berjuang dan berusaha la serta tumbuhkan rasa semngat pantang menyerah dan yakin lah bahwa allah tidak diam melihat hambanya yang kesusahan apalagi yang selalu berusaha. bagi hamba2 allah selalu ikhtiar perbanyak sedekah dan selalu menjalan perintah allah
    insyallah akan selalu ada jalan kapan pun dan dalam bentun apapun .

    WASALAM …..
    BAGI YANG MAU BERBAGI PENGALAMAN DAN KONSULTASI SILAHKAN EMAIL :ALVINPRAYOGA70@GMAIL.COM

  4. […] 12 BAHAYA AKIBAT DOSA RIBA […]

  5. Arief Irvansyah says:

    Mohon copy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *